Kamis, 30 Juli 2009

Unsur Ekstrinsik novel Cleopatra

Unsur Ekstrinsik

· Nilai Moral

Untuk melaksanakan sebuah pernikahan janganlah melaksanakannya dengan terpaksa, laksanakanlah dengan keikhlasan dan kenikmatan yang dapat kita rasakan.

Kebaikan seseorang tidak dapat dibayar dengan uang ataupun dengan yang lainnya, akan tetapi perlunya kasih sayang yang harus terjalin terus-menerus demi mengikat tali persaudaraan antarsesama manusia.

Suami Raihana ingin berbakti dan tidak ingin mengecewakan ibunya yang telah berjanji kepada orang tua Raihana, maka Raihana dikawinkan oleh seorang lelaki yang tidak mencintainya. Tetapi Raihana tetap bersikap baik dan berbakti pada suaminya walaupun suaminya selalu bersikap acuh, tak peduli dengan keadaan Raihana. Sehingga suami Raihana berusaha untuk mencintai Raihana, akan tetapi perasaan suaminya semakin menjauh dari rasa mencintai Raihana.

· Nilai Pendidikan

Walaupun kita sudah menikah, akan tetapi itu bukan merupakan suatu penghalang untuk mencari ilmu dan menambah ilmu pengetahuan, akan tetapi itu merupakan sesuatu yang dapat kita jadikan pengalaman dan tujuan untuk lebih termotivasi dalam menghadapi pelajaran-pelajaran tersebut dalam menghadapi ujian yang akan datang.

· Nilai Sosial Budaya

Sebuah perjodohan bukanlah jalan keluar untuk menyelesaikan suatu perjanjian, sebelumya kita harus melihat cocok atau ketidak cocokan satu pasangan tersebut. Memang di daerah Jawa sering terdengar pepatah Jawa Kuno yang bunyinya wiwiting tresno jalaran soko kulino, artinya hadirnya cinta sebab sering bersama. Walaupun pepatah Jawa Kuno itu sering terbukti, tetapi lihatlah dari calon yang ingin dikawinkan.

· Nilai Religius

Raihana seorang istri yang berbakti pada suaminya dan solehah, walaupun ia kurang diperhatikan oleh suaminya dan kurangnya kasih sayang dari suaminya, karena suaminya tidak mencintai Raihana, akan tetapi Raihana sangat mencintai suaminya karena ia hanya ingin menikah dalam kehidupannya hanya satu kali pernikahan maka Raihana tidak ingin diceraikan oleh suaminya.

Kesabaran memang mempunyai batas, jika suatu permasalahan tidak dapat lagi diperlakukan secara baik dan musyawarah, maka kesabaran dapat tidak terkendali. Kesabaran yang dilakukan oleh Raihana merupakan kesabaran diluar batas karena kesabarnnya melebihi dari kesabaran orang biasa. Kesabaran dalam berumah tangga sangatlah penting, karena untuk berumah tangga diperlukan keserasian antarsuami-istri dan penyesuaian di dalam rumah.

Suatu penyesalan memang selalu terakhir, namun cobala berfikir secara jernih dan matang sebelum bertindak menghadang sebuah masalah dari yang terkecil sampai masalah yang besar.

· Pesan

Dalam memilih pasangan hidup, kecantikan bukanlah hal yang utama. Namun kecantikan seseorang ialah terlihat dalam perilaku atau sikap yang ditunjukkan pada orang yang dicintai . Dan mensyukuri semua nikmat dan rahmat yang telah Allah berikan kepada kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar